Senin, 28 Maret 2011

Islam sbg sumber Globar warming

mungkin ini suatu hal baru yang mengejutkan kita, tapi coba perhatikan hal-hal berikut :

1. umat Islam wudhu 5x sehari. terdapat sekitar 1 miliar umat muslim di seluruh dunia, katakan saja 1/2 nya yang sholat 5 waktu, menghabiskan sekitar 3 liter air /wudhu, maka jumlah air yg terbuang sia-sia = 500.000.000 orang x 5 waktu x 3 liter air = 7.500.000.000 liter air terbuang sia-sia PER HARI, kali kan sendiri dalam minggu, bulan dan hari. SEMENTARA, ada banyak daerah di seluruh dunia mengalami kesulitan air bersih.

2. dari jumlah 1 miliar itu, katakanlah 300 juta orang, muslim dan muslimah bekerja di kantor, dan menggunakan sekitar 5 menit waktu untuk sholat zuhur dan 5 menit waktu untuk sholat ashar. maka total waktu terbuang : 300.000.000 orang x 2 waktu sholat x 5 menit = 3.000.000.0000 menit terbuang /50.000.000jam , inefisiensi stiap hari, melihat angkanya perhari saja sudah ngeri, apa lagi kalau kita hitung jumlah yg terbuang dalam setahunnya.

3. para muslimah di wajibkan mengunakan jilbab oleh Islam, pakaian tertutup seperti itu membuat muslimah merasa cepat gerah, sehingga apabila di kantor (atau di rumah) cenderung memasang AC lebih rendah. katakanlah pekerja non muslim biasanya memasang suhu pada 25 C, maka muslimah berjilbab maka menurunkan suhunya mungkin 2-3 C. saya bukan ahli listrik, tapi penurunan 2-3 C pasti akan memperbesar daya AC, di kalikan jumlah muslimah yg bekerja, maka angkanya juga pasti akan besar sekali.

4. 5x sehari semua masjid di seluruh dunia mengeluarkan Adzan panggilan sholat. saya tidak menemukan jumlah Masjid di seluruh dunia, namun mungkin jumlahnya jutaan. dan 5 x sehari adzan di dengarkan, dengan range suara bervariasi (tergantung speaker, lokasi dll) maka akan membuat dunia semakin bising. saya tidak tau berapa Decibel angka pastinya. tapi juga pasti akan terasa amat besar. Islam, sadar tidak sadar, menyumbangkan polusi suara pada dunia ini.

5. saat sholat, termasuk sholat jumat, tidak jarang muslim/muslimah harus merelakan kehilangan sendal di masjid. sehingga harus membeli yg baru. tidak ada angka untuk ini, tapi saya yakin tidak sedikit. sehingga ini pun menyumbangkan polusi untuk produksi sendal /sepatu baru yang sebenarnya blm di perlukan. dan juga dampaknya secara ekonomi.

6. hampir smua negara Islam kaya akan minyak bumi. jika negara-negara afrika kaya akan permata, negara eropa, china sbg negara produksi, Singapura, swiss sbg negara penyedia jasa. negara-negara Islam kaya akan sumber daya fosil yang adalah sumber utama pemanasan global. jika saja negara-negara Islam tidak serakah, maka itu akan mendorong dunia untuk berfikir kreatif mencari energy alternatif, yang biru (RAMAH LINGKUNGAN).

7. Listrik di setiap Masjid Musolah yg nyala sepanjang malam. tidak seperti rumah ibadat lainnya, yang lampunya kebanyakan mati di malam hari, atau nyala hanya 2-3 jam di malam hari, masjid dan Musollah menyalakan lampu sepanjang malam untuk sholat magrib, Isya dan Subuh. tidak terkira berapa KWh yg terbuang setiap harinya.

8. hampir di stiap bangunan, sepertinya di wajibkan untuk memiliki Mushola. besarnya bervariasi. tapi untuk sesuatu yang jarang sekali digunakan, hal ini menjadi sangat mubazir. pdhl Muslim bisa sholat di Masjid, atau di fikirkan 1 mushola tuk 5-10 gedung). hal ini tentu saja mempengaruhi efisiensi bangunan. dan sedikit banyak mempengaruhi global warming.

angka-angka yg saya sajikan adalah kasar, blm ada riset untuk mengehtahui persis jumlah pastinya. namun diatas itu, apa yang saya utarakan adalah benar, sehingga langkah pertama yg harus kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita dari pemanasan global adalah stop menjadi muslim.

mari, kita selamatkan bumi bersama.

lets go green, say no to Islam

Tidak ada komentar: