Selasa, 27 Mei 2008

manfaat babi

Ada tulisan yang menarik pada blog ini: http://kerangkadunia.wordpress.com/2008/03/06/babi-haram-kenapa-sih-pa rt-1-babi-tuh-banyak-gunanya/

Babi Haram…, Kenapa Sih?? [Part 1]: Babi Tuh Banyak Gunanya!!
6 03 2008

Hmm.. kamu tahu nggak, kalau babi tuh mirip kayak pohon kelapa? Pohon kelapa tuh katanya semua bagiannya bisa berguna, dari akarnya sampai daunnya, makanya dipakai buat lambang pramuka. Nah, babi ternyata juga gitu, baik lemak, kulit, bulu apalagi daging, bahkan, kotorannya pun berguna! ’Keren’ kan? Tapi, kenapa babi diharamkan ya?? Trus, kenapa tidak dipakai sebagai lambang pramuka yang baru, gitu? ^^ Ini nih… liat aja daftar kegunaan babi di bawah ini.

1.Lemak
Lemak dan beberapa produk variannya berperan untuk:
- Lemak dan gliserin: softdrink, bahan kosmetik (facial, hand and body lotion), sabun, dll.
- Emulsifier: Lesitin, E471, dsb.
- Lard (lemak babi): pengempuk dan pelezat re-roti-an & coklat.
- Minyak: penyedap masakan.
- Bahan starter vetsin (ingat kasus Ajinomoto dulu!)

2.Bulu
Bulu berguna sebagai bahan kuas (bristle), seperti pada kuas roti, kuas cat tembok dan kuas lukis. Biro Pusat Statistik pada tahun 2002 melaporkan bahwa pada periode Januari hingga Juni 2001, Indonesia mengimpor boar bristle dan pig/boar hair sejumlah 282,983 ton (senilai 1.713.309 US $). Busyeett!!

Kalau kamu punya kuas di rumah, coba teliti apakah dari bahan plastik atau bulu babi. Caranya gimana? Nah, ambil 1 helai bulunya, lalu bakar! Cium bau bakarannya. Bila baunya sama dengan bau rambut atau kuku binatang yang terbakar, maka tentunya itu adalah bulu binatang (bau itu disebabkan adanya protein yang bernama keratin).

3.Daging
Daging babi merupakan sumber protein hewani yang murah. Harganya jelas lebih murah dari daging sapi, dan mudah diperoleh di pasaran. Sifat dagingnya sendiri selain empuk, seratnya halus, rasanya mmm…lezat. Nyummi! Mak nyuss deh!! Penggunaannya bisa sebagai campuran bakso, siomay, bakmi goreng, dan sebagainya.

4.Tulang
Tulang babi juga berguna lho. Dalam apa saja?
- Industri pariwisata: patung, ukiran, souvenir, dll.
- Industri makanan/minuman: arang tulang sebagai filter penyaring air mineral, karena pori-pori tulangnya bagus.
- Indutri obat: gelatin dari tulang sebagai bahan soft capsule.
- Industri pertukangan: bahan lem, dsb.

5.Organ Dalam
Beberapa organ dalam yang terpakai dan fungsinya:
- Transplantasi organ: ginjal, hati, jantung.
- Plasenta: kosmetika (facial, hand and body lotion), sabun, dsb.
- Enzim pencernaan: amilasi, lipase, tripsin, pankreatin, pepsin, dll.

6.Kulit
Berguna dalam industri kulit (leather handicrafts) seperti tas, sepatu, dompet, dll.

7.Kotoran
Kotoran babi berguna sebagai pupuk tanaman. Di Jepang, kotoran itu digunakan sebagai pupuk tanaman apel, karena dapat menciptakan warna merah pada kulit apel yang oke.

Tuh kan, kegunaan babi tuh lengkap…kap…kap. Semua bagian tubuhnya berguna. Meski begitu, buat kamu-kamu yang muslim, tetep, aturan Allah SWT nggak boleh dilanggar. Kalau sudah diharamkan, ya sudah, haram!! Nggak usah mikir-mikir aspek logisnya dulu, atau aspek ilmiahnya apa. Pokoknya, ada aturan.. ya taati aja!! Umm.. nanti baca deh tulisannya yang bagian kedua. He..he..he…

Nah, buat kamu-kamu yang di rumahnya banyak benda-benda yang disebut di atas, misalnya kuas roti, kosmetik, benda kerajinan kulit dan tulang, obat, de el-el, musti hati-hati dan waspada tuh. Juga bagi kamu yang hobi makan bakso, siomay, bakmi, roti, coklat, dan lain-lainnya, hati-hati aja deh, jangan main embat aja. Jangan-jangan dibuat dari……, aawww… tidaaaaaaaakkk!!!

Kalau ada yang berkilah, “ahh… bahan lain buat bikin barang-barang itu kan banyak. Buat kuas bisa pakai bulu binatang lain. Daging, tulang, kulit dsb. juga bisa dari binatang lain. Jadi huznudzon aja deh…. ” Hmm… bisa dianggep itu tuh cuma omongan doang buat nentrem-nentremin ati. Coba aja pikir, klo misalnya tentang bulu aja (untuk bikin kuas), pakai bulu kuda. Tahu gak sih, kalau kuda tuh masa hamilnya belasan bulan, trus anaknya juga paling cuma satu. Atau misalnya kerbau, gak jauhlah bedanya. Trus, berapa bulu dong yang bisa dihasilkan? Lalu, harganya berapa? Lain halnya dengan babi, lama kehamilannya paling cuma sekitar 3 bulan, trus anaknya bisa dua belasan ekor, bahkan lebih!! Pikir tuh!

Komentar gue: akhirnya ada juga 1 ekor muslim yang rada jujur

Trus kelingo dengan sembarangan muncungnya ngomong:
kelingo wrote:

Semua Binatang Ternak juga Bisa kok

tah mudhoratna loba
http://shirotsuya.multiply.com/journal/item/36/Babi_Haram..._Kenapa_Si h_Part_2_Pfiuhh_Ternyata_Madhorotnya_Jaauuuuh_Lebih_Buanyuak _________________

Komentar gue: makanya bang kalo mau nulis baca dulu, gue gak nanya banyak tidaknya mudhoratna loba-nya tapi jawab komentar muncungnya si montir.

5 komentar:

win mengatakan...

di glosis ada menu namanya "smoked pork chops", enak bgt! :D
>> oleh2 info hasil wisata kuliner kemarin lusa.. xixixixi..

jadulmusic mengatakan...

gan ane kopas y, alnya pada ngejek...
BABI mang Te Best dah..

Makasih gan..

Kunjungi Blog ane juga y... www.ketobapadah.blogspot.com

Unz Munawwaroh mengatakan...

humm, aq save ya ...

manfaat c ada _ tp kulo muslim jadi babi haram. hehe....

thanks atas blognya plend.

fankulo mengatakan...

Imamat 11:7-8 Demikian juga babi walaupun berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, haram ia bagimu
Ulangan 14:8Dan juga babi walaupun ia berkukubelah namun tidak memamah biak, haram ia bagimu.

Aditya Amalo mengatakan...

@ Fankulo : Anda salah pengertiannya ..
Imamat 11 : 7 Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. 
Ulangan 14 : 8 Juga babi hutan, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya. 

Sudah mengerti kan anda dari kata "MAMABIAK" ...
Jadi kalau babi yg berada sekarang itu dapat dimakan, Kecuali ' BABI HUTAN ' ..
Tetapi, kita harus berpegang teguh terhadap keyakinan kita masing-masing .. :)